November 20, 2017

Kuliah Mengambil Jurusan Pendidikan Fisika, Nanti Kerja Bisa Jadi Apa Ya ?, Jadi Fisika Doangkah ?

Tidak sedikit calon mahasiswa bingung milih jurusan apa nanti kuliah. Siswa SMA yang kelas XII di semester 2, walaupun belum tamat merak sudah bisa mendaftar perguruan tinggi, dan tidak sedikit mereka kebingungan memilih kuliah dimana, program studi apa. Sehingga ada siswa yang bertanya Kuliah Mengambil Jurusan Pendidikan Fisika, Nanti Kerja Bisa Jadi Apa Ya ?, Jadi Fisika Doangkah ?.
Kuliah Mengambil Jurusan Pendidikan Fisika, Nanti Kerja Bisa Jadi Apa Ya ?, Jadi Fisika Doangkah ?

Ketika kamu masih SMA kamu sudah bisa mendaftar kuliah Pertama melalui Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dikenal dengan singkatan SNMPTN. Masuk Perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN adalah jalur yang digunakan untuk siswa berprestasi karena sekolah yang memiliki akreditasi A boleh memiliki jatah untuk mendaftarkan 50% dari jumlah siswa mereka. Seleksi melalui SNMPTN ini seleksinya melali Rapor hasil belajar dan penguploadan sertifikat pendukung, kann jeas sertifikat pendukung untuk siswa yang berprestasi. Kalau mau lulus jalur ini yaaa harus punya segudang prestasi.

Jalur yang kedua melalui PMDK PN, PMDK PN ini adalah jalur masuk peruruan tinggi politeknik negeri. Jalur PMDK PN sistemnya sama saja dengan SNMPTN tapi Kalau SNMPTN Untuk Universitas sedangkan PMDK PN khusus untuk politeknik.

Kemudian ada jalur yang ke tinga PTKIN, jalur ini adalah sama saja dengan SNMPTN dan PMDK PB, namu sasaran universitas atau perguruan tingginya yang dibawah naungan kementrian agama seperti UIN, IAIN, STAIN.

Misalkan saja dari salah satu jalur tadi, yang bisa jalur 1 dan 3 kamu memilih salah satu program studi pendidikan fisika, nah, apakah kamu akan jadi guru fisi setelah lulus ??

Secara idealnya ia, kamu jadi guru fisika karena itu adalah bidag mu. Namun tidak menutup kemungkinan lulusan pendidikan fisika ini juga bisa bekerja di perusahaan, BUMN perbankan dan lainnya. Kenyataan lapangan yang jadi guru fisika ya pasti alumni pendidikan fisika, namun banyak juga yang malah luar jalur kerja di perusahaan atau ada juga yang ke perbankan. 

Kuliah yang selain dari profesinal dibidang kuliah yang diambil, yang penting lagi adalah latih softskill. Salah satu softskil yang bisa dimiliki oleh alumni pendidikan fisika adalah menguasai ilmu robotic (ada yang jadi pengajar robotik di sekolah SD dan SMP. Ada yang hobi dengan perangkat keras teknologi, sehingga ada juga yang jadi punya jasa service HP dan Laptop, dan usahanya sudah maju dan sukses punya banyak cabang. Ada juga yang beralih ke blogger guru fisika menjelaskan materi melalui blog dan sambil jadi publisher google adsen. 

Kalau kami melihat kuliah intinya selain dapat ijazah sebagai tujuan kuliah, namun tak kalah pentingnya melatif softskill dan mengembangkan wawasan terbuka melihat peluang usaha dan bisnis.


EmoticonEmoticon